12/23/2006

Karna

Adipati Karna, adalah salah satu tokoh dalam cerita Mahabharata. Ia adalah masih saudara satu ibu dengan para Pandawa. Sebab ibunya, Kunti pernah mencoba sebuah aji pada masa kecilnya untuk memanggil seorang Dewa. Yang dipanggilnya adalah Dewa Matahari dan beliau membuatnya hamil. Putranya akan keluar dari telinga untuk menjaga keperawanan Kunti, maka dinamakannya Karna. Oleh ibunya, Karna dihanyutkan di sungai sampai ia ditemukan oleh seorang Prabu Radeya dan diangkat anak, dan ia dibesarkan oleh seorang sais prabu Dretarastra, yang bernama Nandana atau Adirata.

Walaupun Karna masih saudara seibu dengan Pandawa, tetapi Pandawa tidak mengetahuinya sampai ia gugur di perang Bharatayuddha. Sehingga mereka suka menghinanya.

Karna sangat mahir menggunakan senjata panah. Kesaktiannya setara dengan Arjuna. Mempunyai senjata andalan bernama Kunta. Suatu ketika, ketika terjadi uji tanding antara Korawa dengan Pandawa sebagi murid-murid Dorna, Karna berhasil menandingi kesaktian Arjuna. Namun karena Karna bukan raja atau anak raja maka beliau diusir dari arena. Karena mengetahui kesaktiannya, maka Duryodana, ketua para Korawa mengangkatnya menjadi raja Awangga. Sejak itu Karna bersumpah setia kepada Duryodana.

Kresna mengetahui bahwa Karna adalah pandawa sulung, namun lain ayah. Dan semua tahu bahwa Karna lah pemilik Kunta. Kresna sempat ingin membuat Karna memihak pandawa pada Bharatayuda mendatang dan ia mengatur sebuah pertemuan rahasia antara Karna dan ibunya Kunti. Karna pun memelas setelah ia melihat ibunya menangis namun ia menganjurkan ibunya untuk tetap tegar karena ia melakukan kewajiban bela negara ia juga memberi tahu ibunya bahwa selain dia berkorban demi negara ia juga akan menyelamatkan para Pandawa lima karena ia tidak akan menggunakan panah kunta untuk membunuh Arjuna dan saat ia berperang dengan Arjuna, dia memastikan bahwa Arjuna tidak tahu bahwa Karna adalah kakaknya sendiri sehingga tidak segan membunuhnya. Pada perang Bharatayuddha, ia membunuh Gatotkaca dan terbunuh oleh Arjuna.

Karna adalah seorang figur the others dalam cerita mahabarata. Dia bisa dikatakan sebagai seseorang yang memiliki pandangan yang lain dalam melihat sesuatu (dalam hal ini adalah siapa yang harus ia bela). Karna mengetahui betapa jahatnya Duryodana. Ia juga tahu bahwa ia merupakan bagian dari Pandawa, namun hal ini tidak serta merta membawanya membela Pandawa saat perang di Padang Kurusetra.

Adipati Karna merupakan tokoh yang melihat bahwa betapa jelek dan jahatnya seseorang, pasti tetap memiliki sesuatu yang baik. Salah satu contohnya Duryodana, walaupun dia merupakan tokoh yang jahat dia merupakan salah satu yang membelanya saat dia dihina oleh pihak Pandawa.

Figur Karna, merupakan sosok yang mampu memperlihatkan bahwa dalam membela dia harus menyingkirkan masalah-masalah pribadi (termasuk keluarga). Dia mengetahui siapa yang akan dia hadapi...Namun hal ini tak menyurutkannya untuk membela negara yang telah membesarkannya.

Untuk itulah kawan, masih adakah figur Karna di negara ini? Tentu jika ada dia akan mati-matian membangun dan membesarkan bangsa ini. Memang kita harus terus bersabar...............*****

0 Comments:

Post a Comment

<< Home