6/18/2006

Sebuah Pertanyaan

 Seorang kawan pernah bercerita hidup ini merupakan sebuah mimpi yang berwujud nyata. Tak terbayangkan bila ternyata kita sekarang bernafas, bergerak, dan lain sebagainya dalam kesemuan hidup itu sendiri. Pernyataan kawan saya ini mengetuk hati untuk merenungkan. Benarkah kita hidup dalam kesemuan dimana segala yang ada merupakan sebuah ketidakniscayaan ?. Belum juga pernyataan ini terjawab muncul pertanyaan yang lain yaitu adakah yang nyata didunia ini?.

Pertanyaan ini ternyata mungkin telah dikemukakan oleh Plato bahwa kita hidup dalam dunia ide dimana semua yang ada sekarang merupakan pancaran dari ide-ide yang telah ada sebelumnya. Saat ini terasa tak perlu untuk menjelaskan pendapat Plato dengan dunia ide-nya. Karena sudah terlalu sulit rasaanya aku menjelaskan pertanyaan ku sendiri.

Muncul pendapat bahwa apa yang ada didunia ini adalah kesemuan, tetapi kesemuan yang seperti apa?,dan ketidakniscayaan yang bagaimana itu mungkin yang harus dijelaskan. Untuk menjelaskan pertanyaan ini tentu akan memunculkan banyak kontroversi pendapat.
Untuk itulah ada baiknya kawan-kawan menuangkan pendapat mengenai pertanyaan ini. Banyak harapan ku untuk hal ini. Terimakasih........


1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

apa yang berharga pada tanah liat ini selain separuh ilusi? sesuatu yang kelak retak dan kita membikinnya abadi

-bianda-

July 21, 2006 1:25 PM  

Post a Comment

<< Home