8/22/2006

Biru Part 1

Namaku Nawusjat lanang, memang sebuah nama yang tak begitu berarti bagi orang lain. Tapi bukan karena nama itu aku menjadi seorang yang sangat tidak menghargai norma (begitu teman-teman menyebutku). Karena bagiku norma dan nilai yang ada dimasyarakat itu bukanlah sesuatu yang mutlak dan absolut. Bagaimana mungkin semua manusia harus diatur oleh sebuah aturan dan nilai benar atau salah juga yang diciptakan oleh manusia . Karena menurutku aturan itu berada didalam diri kita, bukan sesuatu yang ada diluar kita untuk itu nurani merupakan penentukan arah kita melangkah. Itulah yang membingungkan mengapa kita harus tunduk pada (aturan) orang lain. Lalu dimana kemerdekaan pribadi kita. that all shit man.

Pranggg......................Brukkk.... .........
Nawuuuuu.... ahhh inilah panggilan khas ibuku. Karena hanya dengan ini aku menjadi tersadar dari lamunan yang telah mendekapku hampir satu jam. Dengan langkah gontai kudekati sumber suara itu. Terlihat seorang wanita dengan pakaian kuning dan balutan pita dirambutnya memperlihatkan raut muka menyelidik. Ya itu bunda, perempuan yang membesarkan diriku. Lalu ku hampiri dirinya.

"ada apa, bunda" kataku sambil memicingkan mata.
"kau pasti lupa dengan tugasmu" jawabnya kemudian diteruskannya memasak sayur asem kesukaanku.
"tugas apa, bunda?" tanyaku mengoda

Ini pasti tentang pekerjaan semalam yang belum selesai kukerjakan dan kubiarkan berserakan diruang tamu kataku dalam hati.

"itu bersihkan sampah hasil perbuatanmu!" bentak ibuku.
"Ohhh itu, kalau hanya sampah mengapa harus sampai membanting piring dan mengebuk meja, nanti ku bersihkan" jawabku sekenanya.
"siapa yang membanting piring untuk membangunkan, itu terlalu mahal. Kalau mau, ibu tinggal datang ke kamarmu dengan membawa setimba air dan menyiram ke tubuhmu!!"



(Bersambung).....................................................................................................................(harap tunggu)
----------------------000000000------------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home